Twitter
RSS

Bagaimana memulai belajar pemrograman

Saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman tentang cara memulai belajar pemrograman, padahal tidak sedikit referensi yang mudah didapatkan di om google. Oleh karena itu, saya akan berbagi sedikit tentang hal ini. Tidak sedikit tips dibawah ini sudah dimuat oleh Mas Norman Sasono di blogsnya di net indonesia, saya kutip beberapa(ngak apa-apa kan mas Norman :D).
  1. Kalau anda baru belajar programming, pilih suatu bahasa pemrograman untuk dipelajari.Yang skrg populer itu:
    • Java
    • C# (dibaca "Si Sharp")
    • VB.NET (dibaca "Vibi Dotnet")
    • Ruby
    Kenapa memilih yg populer? Simple. Biar bisa dipakai cari kerja. Setelah menguasai suatu bahasa pemrograman, anda akan bisa belajar bahasa pemrograman lainnya.
  2. Mulailah belajar membuat program. Sering2 latihan membuat program.
  3. Sering baca buku/artikel tentang pemrograman
  4. Kunci sukses-nya adalah: anda harus proaktif, jangan manja/malas explorasi sendiri, dan anda mesti semangat.
  5. Satu lagi: English. You gotta know English. At least you can read English text. If you just counting on Programming books in Bahasa Indonesia, you'll get nowhere. Cos there are very few titles of programming books in Bahasa Indonesia, while there are tons of programming books in English. Especially on advanced topics. So, learn some English. Smile

  6. Kalo yang ini tips dari saya, saya lebih cepet belajar menggunakan framework yang sudah ada seperti Ruby on Rails, PHPCake, kalo di dotnet yang baru ASP.Net MVC

    Belajar pemrograman itu seperti belajar bela diri. Sering latihan, jadi lancar saat pakai jurus2nya. Kalau cuma tahu jurus tapi jarang latihan, kagok nantinya saat benar2 akan dipakai.

Bagi yang pingin baca lebih banyak dan lengkap tentang tips ini, silahkan buka blognya mas Norman Sasono di http://geeks.netindonesia.net/blogs/norman/archive/2007/10/18/bagaimana-memulai-belajar-pemrograman-komputer.aspx
I have try it and it's work, how about you?
Terus bagi yang pingin belajar Fast Track terutama menggunakan ASP.Net silahkan buka link ini, http://www.eggheadcafe.com/articles/20011022.asp it really effort for me.

Comments (1)

Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang diberikan, akan coba saya praktikan semoga berhasil. Sekali lagi terima kasih :)